Rabu, 02 Desember 2020

Momen Bersejarah, Hercules Landing Pertamakali di Bandara Mathilda Batlayeri

TNI AU dan Pesawat Hercules C-130 Mendarat di Saumlaki (Foto:Ist)
RILIS.NET, Saumlaki - Mungkin menjadi momen bersejarah yang tidak terlupakan oleh warga Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Malukuk. Sebuah pesawat Hercules C-130 milik TNI dengan registrasi A-1335 dari Skadron Udara 32, Wing Udara 2, Lanud Abdurrachman Saleh telah berhasil mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Mathilda Batlayeri,  Pada Selasa (1/12/ 2020) pukul 11.00 WIT.

Pendaratan pertama kali pesawat ini disaksikan oleh Komandan Satrad 245 Saumlaki, Letkol Lek Fusi Arizona Bersama beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Saumlaki.

Adapun misi pendaratan C-130 Hercules di Bandara Mathilda Batlayeri yang dipimpin oleh Mayor Pnb Bandung adalah test landing dalam rangka kepentingan pertahanan nasional dan juga untuk memastikan landasan pacu Bandara Mathilda Batlayeri sudah sangat layak untuk didarati pesawat berbadan lebar.

Saat mendekati landasan pacu, pesawat tak langsung mendarat, melainkan mengitari area Bandara sebanyak 1 kali .Setelah itu, pesawat kembali ke arah timur, dan secara perlahan turun ke landasan diakhiri dengan pendaratan mulus di Bandara Mathilda Batlayeri.

Mayor Pnb Bandung menjelaskan bahwa, posisi Kabupaten Kepulauan Tanimbar secara nasional sangat strategis di mana memiliki berbagai potensi sumber daya alam. "Momen tersebut dipastikan sebagai sejarah pertama kalinya pesawat Hercules mendarat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar kali ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh kru pesawat dan terutama warga Saumlaki, mengingat transportasi ke Kabupaten ini dapat dikatakan cukup terbatas," ujar Pnb Bandung.

Sementara dilokasi yang sama Komandan Satrad 245 Saumlaki, Letkol Lek Fusi Arizona berharap kedepan adanya penerbangan berikutnya dari TNI AU yang melewati bandara ini.

"Semoga kedepannya diharapkan akan ada penerbangan-penerbangan berikutnya dari TNI AU yang melewati Bandara Mathilda Batlayeri, baik latihan maupun operasi dlm rangka melaksanakan tugas TNI AU sehingga diharapkan pula dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar," jelas Komandan Satrad 245 Saumlaki, Letkol Lek Fusi Arizona. (Adam Manutilaa)

BAGIKAN

0 facebook: