Kamis, 03 Desember 2020

Kominfo Gelar Webinar Tentang Manfaat Program PEN Bagi UMKM

Sejumlah Peserta Mengikuti Webinar tentang Manfaat Program PEN Bagi UMKM
RILIS
.NET, Aceh Timur -
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupatrn Aceh Timur kerjasama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menggelar Webinar tentang manfaat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) secara virtual via Zoom Meeting, Selasa (1/12/2020).

Acara itu dihadiri oleh Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur Iskandar, SH serta Kadis Kominfo Aceh Timur Khairul Rijal, SE.Ak, M.Si, MBA masing-masing sebagai pemateri, yang dipandu oleh A Yudi, SH sebagai moderator.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur Khairul Rijal dalam pemaparannya mengatakan, bahwa pentingnya literasi media untuk masyarakat terutama pada masa pandemi ini, terkait banyak beredarnya informasi palsu (hoax) ditengah-tengah masyarakat.

Menurut Khairul Rijal, saat ini Diskominfo Aceh Timur mempunyai akun-akun media sosial untuk memberikan informasi yang akurat, khususnya berita tentang manfaat program UMKM bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Timur.

"Bagi pelaku UMKM bisa mempromosikan usahanya secara online melalui Website Gampong, Website Kecamatan, Website Aceh Timur, Website OPD yang berkaitan dengan UMKM tersebut," kata Khairul Rijal.

Sementara itu Iskandar yang turut hadir sebagai narasumber pada acara itu mengatakan, definisi UMKM adalah skala usaha dari keseluruhan pelaku usaha di Indonesia, itu diatur dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2008.

"UMKM memang usaha yang diperhatikan pemerintah dan DPR maka keluarlah UU itu didalam rangka pengembangan dan pemberdayaan usaha UMKM di Indonesia,” jelas Iskandar.

Ia juga menjelaskan tentang landasan hukum program UMKM, adapun salah satu bantuan yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM adalah Bantuan Presiden (Banpres) produktif UMKM sebesar Rp2,4 juta rupiah, selain itu Iskandar juga turut menjelaskan syarat-syarat penerima UMKM yang telah dipublikasi sebelumnya melalui berbagai media. (rn/red)
BAGIKAN

0 facebook: