Senin, 07 Desember 2020

Banjir Aceh Timur 17.000 Unit Rumah Terendam dan 7.168 Jiwa Masih Mengungsi

Foto: Petugas Keamanan Sedang Membantu Warga yang Melintasi Kawasan Banjir di Jalan Nasional Kawasan Peureulak, Aceh Timur, Minggu (6/12/2020)
RILIS.NET, Aceh Timur - Diperkirakan tidak kurang dari 17.000 unit rumah warga di 17 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur ikut terendam banjir sampai Minggu (/6/2020).

Data itu disampaikan Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib SH, melalui rilis dari Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur yang turut dikirim ke media RILIS.NET pada Minggu malam.

Bupati H. Basballah yang akrab disapa Rocky  ini juga mengatakan, banjir yang melanda kawasan itu turut menyebabkan 7.168 jiwa telah mengungsi dan mendirikan posko disejumlah tempat seperti sekolah, meunasah dan sejumlah lokasi lainnya yang dianggap aman.

Bersama Rombongan, Bupati yang akrab disapa Rocky ini harus mengarungi banjir untuk menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang mengungsi disejumlah titik dalam Kabupaten Aceh Timur pada Minggu, 6 Desember 2020.

Bupati awalnya sempat mengira bahwa banjir terparah di Kecamatan Indra Makmur dan Ranto Peureulak, namun ternyata banjir terparah di Banda Alam dan Idi Tunong, sebutnya.

"Jalan, jembatan, rumah, tempat usaha milik masyarakat rusak diterjang banjir. Kerugian masyarakat dan kerusakan fasilitas umum tahun ini lebih besar akibat banjir," sebut Bupati Rocky.

Sebagai upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi berbagai kerusakan tersebut, Rocky mengaku sudah menugaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, agar segera membangun kembali rumah warga yang rusak akibat bencana alam, termasuk beberapa unit rumah lain yang tertimpa tanah longsor.

Dalam kunjungannya ke daerah Banda Alam dan juga Idi Tunong, rombongan Bupati turut menyerahkan bantuan sembako disejumlah titik pengungsian, seperti pengungsi di Desa Blang Siguci dan Keude Kumuneng, Kecamatan Idi Tunong. Bantuan juga diserahkan ke pengungsi Desa Benteng, Banda Alam, berupa beras, gula, telur, minyak goreng, roti, air mineral, mie instant dan sejumlah bahan pokok lainnya.

Usai makan malam bersama warga, sekira pukul 20:00 WIB Rombongan bBupati Rocky kembali ke Posko Bencana di BPBD Aceh Timur untuk melakukan pengecekan bantuan sembako yang akan dibawa ke sejumlah kecamatan lain seperti, Peureulak, Sungai Raya dan Peunarun. (rn/rd)

BAGIKAN

0 facebook: