Selasa, 29 Desember 2020

Abu Sanusi Mantan Panglima GAM Wilayah Peureulak Meninggal Dunia

Abu Sanusi (Foto: Ist)
RILIS.NET, Aceh Timur - Innalillahi wainna ilaihi raji'un, kabar duka menyelimuti para mantan GAM di Aceh Timur. Tokoh senior dan mantan panglima GAM Wilayah Peureulak Tgk. Sanusi Muhammad telah meninggal dunia sekitar pujul 07.00 WIB, di Desa Krut Lintang, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur.

Kabar duka ini pun dengan cepat beredar diberbagai sosial media seperti Facebook, maupun grub-grub WhatsApp dan Sosmed lainnya.

Abu Sanusi panggilan akrab mantan senior GAM leting 1976 ini sebelumnya mengalami sakit, dan sejak itu Abu Sanusi mulai berdiamdiri dirumahnya. Sejak itu ia kerab menerima tamu yang selalu berkunjung untuk menjenguknya.

Sosok Almarhum alim dan santun dikalangan mantan GAM, ia juga dikenal sebagai sesepuh pejuang Aceh Merdeka (AM) yang dekat dengan Deklarator GAM Tgk. Hasan Tiro.

Usai damai Aceh ditandatangani pada tahun 2005, Abu Sanusi aktif merawat perdamaian. Ia juga dipercaya menduduki posisi Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) untuk Wilayah Peureulak dari periode 2005-2012.

Tokoh senior GAM ini juga pernah menjabat Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Timur periode 2007-2012. Abu sanusi juga pernah menduduki posisi Majelis Tinggi partai lokal PNA pada periode 2012-2017. (rn/red)

BAGIKAN

0 facebook: