Rabu, 18 November 2020

Diskominfo Aceh Timur dan KPCPEN Gelar Webinar dengan Thema: Vaksi Aman Masyarakat Sehat

Kadis Kominfo Aceh Timur Khairul Rijal Saat Menggelar Webinar, Rabu (17/11/2020)
RILIS.NET, Aceh Timur - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur gelar acara Webinar terkait dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Aceh Timur, Rabu (17/11/2020).

Acara yang digelar secara virtual via aplikasi zoom itu mengusung tema 'Vaksin Aman, Masyarakat Sehat' turut ditayang secara live di channel youtube, pada Selasa siang, yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi dan Nasional menggelar serangkaian Webinar untuk menyampaikan berbagai informasi guna membangun pemahaman yang benar terhadap kepercayaan pada upaya penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi nasional.

Webinar kali ini KPCPEN mengundang pembicara dari Kabupaten Aceh Timur, diantaranya Kadis Kominfo Kabupaten Aceh Timur Khairul Rijal, SE.Ak, M.Si, MBA dan Direktur RSUD dr. Zubir Mahmud dr Edi Gunawan MARS yang juga sebagai Jubir Satgas Covid-19 Aceh Timur, serta Kabid Pengembangan Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur Muhammad Iqbal, ST sebagai Moderator.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur Khairul Rijal dalam pemaparannya menyampaikan materi tentang pentingnya literasi media untuk masyarakat terutama pada masa pandemi Covid-19, menurutnya informasi simpang siur ataupun berita palsu selama ini banyak beredar ditengah-tengah masyarakat.

"Saat ini Diskominfo Kabupaten Aceh Timur mempunyai akun-akun media sosial untuk memberikan informasi sebenarnya khususnya berita tentang pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Aceh Timur, yang diharapkan masyarakat bisa menerima informasi yang sebenarnya dari akun media sosial tersebut, serta tidak mudah percaya dengan informasi hoax yang banyak beredar," kata Khairul Rijal.

Sementara itu dr Edi Gunawan, MARS memaparkan tentang pentingnya imunisasi vaksin Covid-19, dijelaskannya vaksin penting bagi manusia karena dapat menyelamatkan jiwa, melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari berbagai penyakit menular berbahaya.

"Semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat sudah diuji ketat secara klinis, sehingga ampuh dan aman digunakan". Jelas dr Edi Gunawan, MARS saat mengisi acara webinar itu, Selasa (17/11/2020)

dr Edi Gunawan, MARS juga menjelaskan bahwasanya sampai saat ini Pemerintah belum menentukan vaksin mana yang akan dipakai. "Karena ada beberapa hal yang di pertimbangkan oleh Pemerintah untuk menentukan vaksin yang  terbaik, oleh karna itu masyarakat di himbau agar tidak cepat percaya berita hoax mengenai vaksin Covid-19," kata dr Edi Gunawan.

Kadis Kominfo juga menambahkan, Webinar yang diikuti dari kalangan mahasiswa, ASN, Ormas Wanita, dan masyarakat umum lainnya mendapat respon yang baik dari peserta, terlihat dari antusiasme peserta yang menyampaikan berbagai pertanyaan kepada pemateri saat webinar berlangsung.

"Dengan diadakannya Webinar ini masyarakat diharapkan dapat lebih memilih serta memilah informasi yang didapatkan di Internet. Masyarakat diharapkan dapat menjadi agen perubahan sehingga, penyebaran informasi tidak benar atau hoaks bisa dikurangi transmisinya," harap Kadis Kominfo Aceh Timur Khairul Rijal. (rn/red)

BAGIKAN

0 facebook: