Selasa, 25 Agustus 2020

Bupati Rocky Diapresiasi Jokowi Terkait Perbup tentang Disiplin Protap Covid-19

Bupati Aceh Timur video Conference (Foto: Humas Sekdakab)
RILIS.NET, Aceh Timur - Langkah cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur yang akan segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Disiplin Protokol Kesehatan dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 mendapat apresiasi dan penghargaan dari Presiden RI H. Joko Widodo atau Jokowi.

“Saya mengapresiasi kepala daerah seperti Bupati Aceh Timur dan Satuan Gugus Tugas yang telah memiliki Polymerase Chain Reaction (PCR), sehingga mempercepat daerah dalam mengetahui hasil swab test seseorang yang dicurigai terinfeksi wabah Covid-19,” kata Jokowi dalam Video Conference bersama Bupati/Wali Kota Se-Aceh di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di Banda Aceh, Selasa (25/8/20).

Begitu juga dengan Perbup tentang Disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) yang akan dilahirkan diharap dapat menjadi benteng dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona di Aceh Timur. “Keberadaan RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur sebagai Rumah Sakit (RS) Rujukan pasien Covid-19 dan memiliki alat PCR dinilai langkah tepat dan cepat pemerintah daerah dalam penanganan pasien Covid-19,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI juga berharap kabupaten/kota lain terus bersinergi dengan seluruh instansi terkait dalam memerangi wabah Corona. “Mumpung jumlahnya masih sedikit, kami harap Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota terus menekan angka agar tidak terus bertambah pasien yang lebih banyak,” ujar Jokowi.

Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH atau akrap disapa Bupati Rocky merupakan satu-satunya Kepala Daerah (KDh) yang mendapatkan kesempatan berbicara perkembangan dan penanganan wabah Covid-19 di daerah. Dalam kesempatan itu, Bupati Rocky menyebutkan enam dari 36 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dan isolasi, baik di RS ataupun di Komplek Diklat BKPSDM setempat.

“Aceh Timur memiliki tiga rumah sakit, dua milik daerah dan satu milik swasta. Tapi ketiganya siap menampung dan mengisolasi pasien Covid -19. Begitu juga dengan tenaga medis juga ikut diisolasi di Guest House, sehingga penyebaran wabah Covid -19 dapat ditekan,” kata Bupati Rocky.

Dalam Video Conference itu, Bupati Rocky ikut didampingi Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I,K, MH, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol CZI Hasanoel Arifin Siregar, Kajari Aceh Timur, Abun Hasbulloh Syambas, SH, MH, Ketua DPRK Aceh Timur Tgk. Muhammad Daud, Jubir Satuan Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid -19 Kabupaten Aceh Timur, Dr. H. Edi Gunawan MARS, dan Direktur RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, Dr. Dharma Widya. (rn/akbar)

Sumber: Humas Sekdakab Aceh Timur
BAGIKAN

0 facebook: