Rabu, 08 Juli 2020

Kelompok Binaan PT Medco Peroleh Izin Industri Produk Olahan Sayur Organik

RILIS.NET, Aceh Timur - Kelompok ibu binaan PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) berhasil memperoleh Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk produk olahan kerupuk sayur organik dan produk lainnya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

"Kelompok binaan perusahaan ini kini sudah dapat memasarkan produk ke masyarakat lebih luas," kata Susanto General Manager Medco E&P Malaka, Rabu (8/7/2020).

Ia menambahkan, pembinaan ibu-ibu di Desa Alui le Itam, Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur ini  merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi Medco E&P.

Selain menanam sayur organik, ibu-ibu juga diberikan pengolahan tanaman obat keluarga. Untuk meningkatkan hasil tani, petani di sekitar area operasi juga dibina penanaman padi SRI organik.

Kelompok Ibu yang bernama Rosella ini menerima PIRT yang diwakili oleh Leginem, koordinator rumah produksi. Produk kelompok ini telah sering tampil di beberapa kegiatan sosial.

Leginem berterimakasih kepada Medco E&P yang telah membimbing kelompok Rosella dari awal terbentuk hingga saat ini.

"Kami sangat berterimakasih kepada Medco yang telah membimbing kelompok kami dari awal terbentuk hingga saat ini," ucap Leginem.

General Manager Medco E&P Malaka Susanto juga menuturkan, program ini adalah usaha dan kerja sama yang tidak mungkin dicapai dalam waktu singkat.

“Pendampingan Medco E&P dimulai dari nol, yaitu persiapan dan pembentukan kelompok hingga asistensi untuk mendapatkan PIRT. Semoga pendampingan ini terus berkelanjutan sampai kelompok Rosella dapat mandiri menjalankan program pemberdayaan masyarakat lokal berbasis tanaman organik,” ujar Susanto.

Sementara di masa pandemi COVID-19, Medco E&P juga telah menyalurkan berbagai bantuan mulai dari ribuan minuman susu kaleng, ratusan masker, handsanitizer, alat pelindung diri, dan ribuan paket sembako kepada aparat pemerintah dan masyarakat di sekitar area operasi di Aceh Timur.
BAGIKAN

0 facebook: