Kamis, 23 Juli 2020

Gunakan Aplikasi Zoom, Diskominfo Laksanakan Webiner Perdana di Aceh Timur

RILIS.NET, Aceh Timur - Diskominfo Kabupaten Aceh Timur mengadakan pelatihan situs OPD di Kabupaten Aceh Timur yang diikuti oleh sekitar 30 peserta pada hari Kamis (23/7/2020). Dalam pelatihan ini membentuk online (webinar) menggunakan aplikasi Zoom yang di instal pada komputer atau smartphone masing-masing peserta, dan Diskominfo berperan sebagai tuan rumah atau pembawa acara. 

Acara ini dibuka oleh Kadiskominfo Aceh Timur Khairul Rijal., SE., Ak., M.Si., MBA dan dimoderatori  oleh Kabid PTI Muhammad Iqbal, ST. 

Dalam sambutannya, Kadiskominfo menyampaikan bahwa ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini terjadi lompatan dalam adaptasi terhadap penggunaan teknologi informasi yang datang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. "Hikmah Covid-19 mau tidak mau, siap tidak siap kita harus menggunakan aplikasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari termasuk di lingkungan kerja seperti contohnya situs web OPD, " kata Khairul.

Saat ini tambah Khairul, pihaknya sudah meluncurkan Revolusi Industri 4.0 dimana mengkombinasikan penggunaan teknologi komputer dan teknologi siber. Ke depan pelayanan publik pemerintahan akan perlahan-lahan menerima perusahaan online yang sudah selesai seperti Gojek dimana dalam satu aplikasi yang disediakan layanan menu yang berbeda seperti pemesanan ojek, makanan, pengiriman barang, pembelian obat, pemesanan pembersih rumah dan sebagainya.

"Begitu juga layanan publik, nanti proses pembuatan KTP, perijinan usaha, beasiswa, penyaluran beasiswa, bantuan sosial dan lain-lain akan satu aplikasi atau disebut Pemerintah dan Layanan Publik Super Apps," ujar Kadis Kominfo Aceh Timur.

Admin Situs Webinar OPD yang di isi oleh narasumber Ismail, S.Tr. Kom dan menjadi tuan rumah Pandu Aditya, S.Kom ini mendukung peningkatan SDM Situs web yang dapat diakses ini diakses oleh masyarakat untuk mengakses layanan yang sesuai dengan masyarakat dan fungsi masing-masing OPD di mana saja dan kapan saja. (rn/rd)
BAGIKAN

0 facebook: