Sabtu, 11 Juli 2020

Berawal dari Niat, Pemuda Asal Sumut Masuk Islam di Aceh Timur

Warga Riau Masuk Islam di Aceh Timur (Foto: RILIS.NET)
RILIS.NET, Aceh Timur - Cheki Cen Hasugian pria kelahiran Desa Sibunton, Siantar Sumatera Utara yang pernah menetap dan di PMKS PT Ganda Duanindo RT 001 RW 006, Desa Lipat Kain Selatan, Kecamatan Kampar Provinsi Riau akhirnya memeluk islam di Aceh Timur, Sabtu (11/7/2020).

Proses pensyahadatan berlangsung khitmat di Desa Keude Dua Kecamatan Darul Ihsan, yang dipandu oleh Ulama Kharismatik Tgk H Abu Wahab Keude Dua, dan turut disaksikan oleh Yahya BKY (Anggota DPRK Aceh Timur dari Fraksi Partai Aceh), dan sejumlah masyarakat lainnya pada Jumat (10/7/2020).

Setelah memeluk Islam pria ini yang sebelumnya bernama Cheki Cen Hasugian berganti namanya menjadi Muhammad Hasugian bin Ridwan.

Informasi yang diperoleh RILIS.NET, Awalnya warga asal Riau ini sudah lama memendam niatnya untuk memeluk agama Islam, namun akhirnya harapan itu turut diceritakan kepada Yahya Boh Kaye yang saat ini telah terpilih menjadi Anggota DPRK di Aceh Timur.

Saat itu sebelum Yahya BKY menjadi anggota dewan, sekitar tahun 2008 yang lalu ia sering ke Berastagi untuk berdagang dan membeli buah-buahan, saat itulah awal mula mereka saling kenal.

"Ia menghubungi saya dan menceritakan niatnya mau memeluk islam, sampai akhirnya dia datang kesini," kata Yahya yang turut mendampingi Muhammad Hasugian ketempat Abu Keude Dua.

Hal itupun dibenarkan oleh Muhammad Hasugian (Cheki). "Kami berteman di FB,  melalui messenger saya inbok Bang Yahya dan saya utarakan niat saya pindah keyakinan ke Islam. Kala itu Bang Yahya bilang kalau itu keinginanmu segera berangkat ke Aceh, tepatnya Idi Rayeuk Aceh Timur," Kata Cheki mengakhiri perbincangan. (Aqbar)


BAGIKAN

0 facebook: