Minggu, 07 Juni 2020

Satu Anggota Polres Aceh Utara Reaktif COVID-19

Personel Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menjalani pemeriksaan COVID-19 menggunakan metode rapid test di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh di Banda Aceh, Jumat (5/6/2020). Foto: Bidhumas Polda Aceh
RILIS.NET, Aceh Utara - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh melakukan rapid test terhadap 64 personel Polres Aceh Utara pada Jumat pagi dan dari pemeriksaan itu satu orang di antaranya dinyatakan reaktif COVID-19.
"Personel tersebut akan menjalani karantina mendiri sambil menunggu pemeriksaan swab PCR di RSU Cut Meutia,” sebut Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kasubbag Humas Iptu Sudiya Karya dalam keterangan tertulis, Jumat malam.
Dikatakan untuk mengonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang harus dilakukan test swab dengan meteode PCR (polymerase chain reaction).
"Tentunya kita berharap personel ini negatif hasil test swab," ujarnya.
Ia menambahkan rapid test dilakukan secara acak terhadap personel Polri yang sering beraktivitas dan bertemu secara langsung dengan warga di tengah pandemi COVID-19.
Rapit test tersebut juga diikuti Kapolres Aceh Utara dan sejumlah pejabat utama dan personel.
“Ini sebagai langkah antisipasi kita karena bagaimana pun Polri memiliki tugas terdepan dalam hal melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan penyebaran COVID-19. Ini juga untuk mendeteksi kondisi personel kami, sekaligus mencegah penyebaran COVID- 19 di lingkungan Polres Aceh Utara,” jelasnya.
Sementara itu, Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule mengakui satu anggota Polri di Jayapura meninggal akibat positif COVID-19. Pasien laki-laki berusia 50 tahun itu merupakan pasien pertama yang meninggal karena COVID-19 dan bukan akibat penyakit penyerta.
"Kami sudah meneliti riwayat penyakitnya dan memastikan bila yang bersangkutan meninggal bukan karena penyakit penyerta," kata dr. Sumule kepada ANTARA di Jayapura, Sabtu. Sebelumnya sudah ada anggota Polri di Jayapura yang positif COVID-19, namun sebagian besar sudah sembuh.
Anggota Polri yang meninggal akibat COVID-19 itu dimakamkan Jumat (5/6) dengan protokol penanganan COVID-19, ungkap dr. Sumule.
Sementara itu Kabid Dokkes Polda Papua Kombes dr. Agustinus secara terpisah mengatakan tercatat 15 anggota Polri di Papua yang positif COVID-19. Ke 15 anggota itu saat ini diisolasi di sejumlah tempat di sekitar tempat tugasnya, kata Kombes dr. Agustinus.
 
Jumlah pasien positif COVID-19 di Papua hingga Jumat (5/6) tercatat 929 orang, dirawat 629 orang, sembuh 286 orang dan meninggal 14 orang.

Sumber: Antaranews.com
BAGIKAN

0 facebook: