Rabu, 24 Juni 2020

NASA Kirim Roket untuk Tabrak Asteroid, Ala Film Armageddon

Seperti film Hollywood tapi ini nyata. NASA akan mengirim pesawat ruang angkasa untuk menabrak bulan asteroid. Bulan yang jadi sasaran itu dinamakan Dimorphos. Foto: NASA/Detik.com
RILIS.NET, Jakarta Seperti film Hollywood tapi ini nyata. NAASA akan mengirim pesawat ruang angkasa untuk menabrak bulan asteroid. Bulan yang jadi sasaran itu dinamakan Dimorphos, yang berarti 'memiliki dua bentuk'.

Misi Double Asteroid Redirection Test (DART) NASA akan mencapai asteroid bernama Didymos pada tahun 2022 sebagai demonstrasi sistem defleksi asteroid yang dirancang untuk membuat batu ruang angkasa menjauh dari Bumi. Simpelnya untuk melindungi Bumi dari serangan benda asing.

Nah, Bulan Didymos adalah target latihan dan diberi nama 'Didymos B' sebelum akhirnya International Astronomical Union menyetujui nama baru 'Dimorphos' baru-baru ini. European Space Agency (ESA) menyebut ukuran Dimorphos hampir sama dengan Piramida Mesir.
DART dirancang untuk dampak kinetik, yang berarti akan menabrak Dimorphos dalam upaya untuk mendorongnya. Jika berhasil, metode ini berpotensi digunakan untuk memindahkan asteroid yang mengancam Bumi ke jalur yang lebih aman. Jadi ingat film 'Armageddon' tahun 1998 nggak, sih?

Misi DART akan diawasi oleh pendamping CubeSat dari Badan Antariksa Italia. Dua tahun kemudian, ESA akan meluncurkan pesawat ruang angkasa 'Hera' untuk mengunjungi Didymos dan memeriksa hasil misi DART.

DART dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2021. Meski begitu perlu dicatat, Didymos dan Dimorphos bukan ancaman nyata bagi Bumi, akan tetapi mereka bisa menjadi subjek uji yang sangat berharga untuk belajar melindungi Planet Bumi. Demikian seperti ditulis CNET.
Sumber: Detik
BAGIKAN

0 facebook: