Jumat, 01 Mei 2020

TKI Asal Aceh Terancam Kelaparan di Malaysia, Pemerintah Diminta Bertindak Cepat

Wakil Ketua Komisi C DPRK Aceh Timur Muhammad (Amad Lumbeng)
rilisNET, Aceh Timur - Wakil Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur, Muhammad yang sering disapa Amad Lumbeng meminta Pemerintah Aceh segera membentuk tim pemulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh di Malaysia. Upaya itu harus dilakukan, karena mengingat masa lockdown di negara itu kembali diperpanjang hingga tanggal 20 May 2020 mendatang.
Amad Lumbeng yang juga mantan panglima GAM wilayah Asahan ini menyebutkan, saat ini pihaknya menerima sejumlah laporan para tenaga kerja Indonesia asal Aceh kondisi sangat memprihatikan dan mereka mengalami kesulitan stok persediaan makanan yang tidak tercukupi. "Mereka terancam kelaparan di Malaysia, maka kita meminta pemerintah Aceh bertindak cepat," ungkap tokoh muda di wilayah Peureulak ini dalam rilis yang diterima media ini. Jumat (1/5/2020).

"Kita dari Komisi C DPRK Aceh Timur meminta Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, untuk mengambil langkah yang terbaik untuk masyarakat Aceh di Malaysia, agar mereka segera bisa dipulangkan dengan secara resmi dan bebas visa, karna jika ini tidak segera tertangani maka nasib para tenaga kerja Indonesia asal Aceh di sana semakin sulit. Adapun bantuan pangan yang di salurkan oleh donatur di Malaysia tidak tercukupi apalagi masa lockdown kembali diperpanjang disana," tambah Muhammad.

Dia menambahkan, saat ini ribuan tenaga kerja Indonesia asal Aceh, membutuhkan bantuan secepatnya dari pemerintah untuk upaya pemulangan kembali ke Aceh, agar menampung masyarakat Aceh di luar negeri, pihaknya sudah siap bersama pemerintah daerah Aceh Timur telah menyiapkan tempat karantina kusus untuk mereka yang berasal dari Aceh Timur.

"Untuk Aceh Timur pemerintah daerah kita telah menyiapkan tempat khusus untuk karantina dengan berbagai fasilitas dan kemudahan dari pemerintah Aceh Timur. Untuk itu kita berharap agar masyarakat kita yang ada di Malaysia untuk dapat segera dipulangkan. Saya telah mendapatkan laporan mereka disana sangat kesulitan disana. Sesuai  dengan harapan TKI asal Aceh ini maka kita minta agar pemerintah Aceh dapat segera melakukan upaya pemulangan mereka ke Aceh," tegas Amad Lumbeng.
BAGIKAN

0 facebook: