Kamis, 05 September 2019

Pisah Dari Fraksi PA DPRK Pidie Jaya, Gerindra Gabung Dengan PNA

Foto: (ajnn/Muksalmina)
rilisNET, Pidie Jaya - Sembilan partai peraih kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya periode 2019-2024, membentuk empat fraksi. Fraksi-fraksi DPRK Pidie Jaya itu diumumkan dalam sidang paripurna, di aula utama DPRK setempat, Kamis (5/9).

Sembilan partai tersebut adalah, Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, Gerindra, PPP, Golkar, PKB, dan Demokrat. Jumlah fraksi di DPRK Pidie Jaya periode 2019-2024 bertambah satu fraksi, periode sebelumnya hanya terbentuk tiga fraksi, yakni fraksi PA, PAN, dan fraksi Nasdem.

Pada periode sebelumnya, Gerindra hanya memiliki satu kursi bergabung dengan fraksi PA. Namun periode ini, Gerindra memperoleh tiga kursi, sehingga partai yang dipimpin oleh mantan calon presiden, Prabowo Subianto itu menbentuk fraksi sendiri yang bergabung dengan PNA dan Golkar, fraksi tersebut diberi nama Genakar.

Demokrat yang berhasil memperoleh satu kursi menganti posisi Gerindra dalam fraksi PA. Selanjutnya, PPP yang memperoleh dua kursi bergabung dengan partai Nasdem, fraksi itu diberi nama Penas. Kemudian fraksi PAN, PKB yang hanya memiliki satu kursi bergabung ke dalam fraksi partai berlogo matahari tersebut.

Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya, A Kadir Jailani mengatakan, dalam sidang paripurna perdana periode 2019-2024, DPRK setempat telah menetapakan empat fraksi. Penetapan empat fraksi tersebut, katanya, berdasarkan surat usulan dari masing-masing partai peraih kursi DPRK Pidie Jaya.

"Sembilan partai yang memperoleh kursi telah membentuk empat fraksi," katanya.

Berikut rincian fraksi-fraksi di DPRK Pidie Jaya periode 2019-2024.

1. Fraksi PA, sembilan kursi. Delapan kursi PA, satu kursi Demokrat.

2. Fraksi PAN, lima kursi. Empat kursi PAN, satu kursi PKB.

3. Fraksi Penas, lima kursi. Tiga kursi Nasdem, dua kursi PPP.

4. Fraksi Ganakar, enam kursi. Tiga kursi Gerindra, dua kursi PNA, dan satu kursi Gorkar.


Sumber: ajnn
BAGIKAN

0 facebook: